Rabu, 11 Februari 2009

HAMAS-FATAH Rekonsiliasi di Kairo

Hidayatullah.com--Dua gerakan Palestina yang berseteru, Fatah dan HAMAS, berunding di ibukota Mesir, Kairo, Selasa

Pertemuan tersebut dihadiri oleh pemimpin blok Fatah di parlemen Azam al-Ahmad, jurubicara kelompok itu Ahmed Abdel-Rahman dan pejabat senior HAMAS --Gamal Abu-Hashim dan Ayman Taha, demikian laporan kantor berita resmi Mesir, MENA sebagaimana dikutip Xinhua..

Pembicaraan perujukan Palestina itu dijadwalkan diadakan 22 Februari dan Mesir telah mengundang berbagai faksi Palestina guna menghadiri pembicaraan tersebut.

Setelah pertemuan 22 Februari, lima komite yang dibentuk menyusul pembicaraan November lalu akan menangani perincian persatuan antar-Palestina pada 28 Februari, lapor MENA --yang mengutip beberapa sumber Palestina.

November lalu, HAMAS menghalangi upaya Mesir guna meluncurkan dialog antar-Palestina, dan mengatakan organisasi tersebut tak dapat duduk dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas sementara pasukan keamanannya menindas pendukung HAMAS di Tepi Barat Sungai Jordan.

Mesir juga telah melancarkan upaya untuk menengahi gencatan senjata antara HAMAS dan Israel, menyusul gencatan senjata sepihak oleh kedua pihak itu pada 18 Januari. [xinhua/ant/www.hidayatullah.com]



Tidak ada komentar: